*) Penulis adalah mahasiswa Pasca Sarjana Univeristas Al-Qolam Malang

    Tulisan ini merupakan tugas akhir semester pada matakuliah Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

    Dosen pengampu : Dr.K.Muhammad Husni, M.Pd.I

A.   Pendahuluan

Pendidikan Islam di Indonesia telah menjadi pilar penting dalam membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga kuat dalam akhlak dan spiritualitas. Nahdlatul Ulama (NU), sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, melalui Lembaga Pendidikan Ma'arif NU, berperan aktif dalam menyediakan pendidikan berkualitas yang berbasis pada nilai-nilai Islam[1]. Salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Ma'arif NU adalah Madrasah Aliyah Syamsul Huda yang beralamat di Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, Bali.

Madrasah Aliyah Syamsul Huda memiliki komitmen yang kuat untuk mencetak generasi yang beriman, berilmu, dan berakhlakul karimah. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan strategi manajemen pendidikan yang efektif dan efisien. Strategi ini mencakup berbagai aspek mulai dari pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi, hingga pengelolaan keuangan dan fasilitas.

Pengembangan kurikulum yang integratif merupakan salah satu fokus utama di Madrasah Aliyah Syamsul Huda. Kurikulum ini dirancang untuk menggabungkan ilmu pengetahuan umum dengan pendidikan agama, sehingga siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga memiliki pemahaman agama yang kuat. Selain itu, pengelolaan sumber daya manusia yang profesional menjadi kunci dalam mendukung proses pendidikan. Guru dan staf yang kompeten dan berdedikasi sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Di era digital ini, penggunaan teknologi informasi dalam manajemen pendidikan menjadi sangat relevan. Teknologi informasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar serta administrasi sekolah. Pengelolaan keuangan dan fasilitas yang transparan dan akuntabel juga menjadi faktor penting dalam mendukung operasional madrasah[2].

Kepemimpinan yang berbasis nilai Islam merupakan elemen penting dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Syamsul Huda. Pemimpin yang visioner, inspiratif, dan kolaboratif dapat mengarahkan lembaga pendidikan ini menuju pencapaian visi dan misinya[3].

Namun, penerapan strategi-strategi ini tidaklah tanpa tantangan. Madrasah Aliyah Syamsul Huda menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan dinamika sosial budaya. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang kuat dan kerja sama antara semua pihak untuk mengatasi tantangan tersebut.

Kajian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis strategi manajemen pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Syamsul Huda, serta memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut. Dengan demikian, diharapkan madrasah ini dapat terus berkontribusi dalam membentuk generasi yang unggul dan berkarakter islami.

 

                Gambar I : Bincang-bincang nahasiswa UQM dengan kepala madrasah Aliyah Syamsul Huda tentnag          manajemen pendidikan islam LP Ma'arif NU di Madrasah Aliyah Syamsul Huda

B.    Pembahasan

1.     Pengembangan Kurikulum

Madrasah Aliyah Syamsul Huda mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan ajaran Islam. Mata pelajaran seperti matematika, sains, dan bahasa Inggris diajarkan berdampingan dengan pelajaran agama seperti fiqih, akidah, tafsir, dan hadits. Tujuan utamanya adalah mencetak siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki pemahaman agama yang kuat[4].

Pendekatan ini menyesuaikan materi pembelajaran dengan konteks lokal dan kebutuhan siswa, sehingga pendidikan lebih relevan dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum kontekstual juga membantu siswa memahami penerapan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan modern.

Madrasah menekankan pentingnya pengembangan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama tim yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Hal ini dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler, pelatihan, dan program-program kepemimpinan[5].

2.   Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Proses rekrutmen dan seleksi di Madrasah Aliyah Syamsul Huda dilakukan secara ketat untuk mendapatkan tenaga pendidik yang kompeten dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai Islam. Seleksi melibatkan tes kompetensi, wawancara, dan penilaian terhadap pemahaman keagamaan calon guru[6].

Madrasah secara rutin menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru dan staf. Program ini meliputi pelatihan pedagogik, workshop teknologi pendidikan, dan seminar keagamaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi tenaga pendidik[7].

Untuk meningkatkan motivasi dan retensi guru, madrasah memberikan insentif, penghargaan, dan lingkungan kerja yang kondusif. Program mentoring dan supervisi juga diterapkan untuk mendukung pengembangan karir guru.

3.   Penggunaan Teknologi Informasi

Madrasah Aliyah Syamsul Huda mengembangkan platform e-learning untuk mendukung proses pembelajaran. Siswa dapat mengakses materi pelajaran, tugas, dan ujian secara online. Hal ini memfasilitasi pembelajaran yang fleksibel dan interaktif[8].

Madrasah menggunakan sistem informasi manajemen untuk mengelola data akademik, administrasi, dan keuangan secara terintegrasi. Sistem ini membantu meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Madrasah memanfaatkan media sosial dan platform komunikasi digital untuk berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan komunitas pendidikan. Ini meningkatkan transparansi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah[9].

4.     Pengelolaan Keuangan dan Fasilitas

Madrasah Aliyah Syamsul Huda menyusun anggaran yang berbasis pada kebutuhan dan prioritas pendidikan. Anggaran ini mencakup pengeluaran untuk pengembangan kurikulum, pelatihan guru, teknologi pendidikan, dan perawatan fasilitas[10].

Madrasah menerapkan sistem keuangan yang transparan dan akuntabel. Laporan keuangan disusun secara berkala dan diaudit untuk memastikan penggunaan dana yang efisien dan tepat sasaran.

Madrasah terus berupaya meningkatkan fasilitas pendidikan, termasuk ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan sarana olahraga. Fasilitas yang memadai sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar yang optimal.

5.     Kepemimpinan Berbasis Nilai Islam

Kepala madrasah dan pemimpin lainnya memiliki visi jangka panjang yang jelas untuk pengembangan madrasah. Mereka menginspirasi dan memotivasi seluruh staf untuk bekerja menuju tujuan bersama.

Pendekatan kepemimpinan yang mengedepankan pelayanan kepada siswa, guru, dan komunitas pendidikan diterapkan. Pemimpin berperan sebagai fasilitator yang mendukung dan memberdayakan seluruh anggota lembaga pendidikan[11].

Madrasah Aliyah Syamsul Huda menerapkan kepemimpinan kolaboratif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. Ini menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan partisipatif.

6.     Implementasi dan Tantangan

Strategi-strategi di atas diimplementasikan melalui kerjasama antara seluruh komponen madrasah, termasuk guru, staf, siswa, dan orang tua. Program-program pelatihan, pengembangan kurikulum, dan penggunaan teknologi informasi dijalankan secara konsisten.

Madrasah Aliyah Syamsul Huda menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan dinamika sosial budaya. Selain itu, penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan di era globalisasi memerlukan adaptasi yang cepat dan tepat.

C. Penutup

a.       Kesimpulan

Strategi manajemen pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Syamsul Huda, di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU, menunjukkan upaya yang komprehensif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan berkarakter Islami. Kurikulum yang menggabungkan ilmu pengetahuan umum dengan ajaran Islam berhasil mencetak siswa yang kompeten secara akademis dan memiliki pemahaman agama yang kuat.Kurikulum kontekstual dan pengembangan soft skills memberikan nilai tambah dalam membekali siswa dengan keterampilan yang relevan untuk kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.

Proses rekrutmen dan seleksi yang ketat, serta program pelatihan dan pengembangan berkelanjutan, memastikan guru dan staf memiliki kompetensi yang tinggi dan komitmen terhadap nilai-nilai Islam. Pemberian insentif dan lingkungan kerja yang kondusif membantu dalam mempertahankan tenaga pendidik yang berkualitas.

Implementasi e-learning dan sistem informasi manajemen meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran dan administrasi. Penggunaan media sosial dan komunikasi digital meningkatkan transparansi dan partisipasi antara siswa, orang tua, dan komunitas pendidikan.

Perencanaan anggaran yang berbasis kebutuhan dan prioritas serta sistem keuangan yang akuntabel memastikan penggunaan dana yang efisien. Pengembangan fasilitas pendidikan yang memadai mendukung proses belajar mengajar yang optimal.

Kepemimpinan visioner, servan (pelayan), dan kolaboratif memastikan madrasah berjalan dengan arah yang jelas dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan.

b.      Saran

Untuk meningkatkan efektivitas strategi manajemen pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Syamsul Huda, beberapa saran yang dapat dipertimbangkan adalah:

1. Terus mengembangkan kemampuan tenaga pendidik dalam menggunakan teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran, termasuk pelatihan dalam penggunaan alat dan platform digital terbaru.

2. Membangun kemitraan dengan universitas, lembaga penelitian, dan organisasi internasional untuk memperoleh sumber daya tambahan, pelatihan, dan program pengembangan kurikulum.

3. Mendorong inovasi dalam metode pengajaran dengan mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif, seperti project-based learning dan flipped classroom.

4.   Memperluas program ekstrakurikuler yang berfokus pada pengembangan soft skills dan nilai-nilai Islami, seperti klub debat, kegiatan sosial, dan organisasi kepemimpinan siswa.

5.    Melakukan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap implementasi strategi manajemen pendidikan untuk memastikan bahwa tujuan yang ditetapkan tercapai dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

6.  Meningkatkan keterlibatan orang tua dan komunitas dalam proses pendidikan melalui program-program partisipatif dan komunikasi yang lebih intensif


D.   Daftar Pustaka

Adib, M Afiqul. ‘Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam Dan Relevansinya Di Abad-21’. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 21, no. 2 (2022): 99–112.

Afriani, Febi, and Alia Azmi. ‘Penerapan Etika Komunikasi Di Media Sosial’. Journal of Civic Education 3, no. 3 (2020). Accessed doi:10.24036/jce.v3i3.372.

Anidi, and Anlianna. ‘Permasalahan Anak Disabilitas Intelektual Dan Disabilitas Mental Di Sekolah’. Arus Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2022). Accessed doi:10.57250/ajup.v2i3.134.

Badawi, H. ‘Learning from Japan: Advancing Education in the Arab and Islamic World through Creative Approaches’. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2023): 290–305. Accessed doi:10.31538/nzh.v6i2.3516.

Boiliu, Fredik Melkias. ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0’. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25–38.

Dzul, H. ‘THE EFFECT OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY MEDIATORS ON TRUST AND SELF-EFFICACY OF ISLAMIC EDUCATION TEACHERS IN MALAYSIA’. Malaysian Journal of Learning and Instruction 20, no. 1 (2023): 1–32. Accessed doi:10.32890/mjli2023.20.1.1.

Fatkhullah, Mukhammad, Muhammad Alhada Fuadilah Habib, and Kanita Khoirun Nisa. ‘Identifikasi Dan Manajemen Risiko Untuk Mereduksi Kerentanan Pada Masyarakat’. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3, no. 4 (2022): 856–67.

Haddade, H. ‘Quality Assurance Strategies of Higher Education in Digital Era: An Anthropology of Education Study in Islamic Higher Education Institution’. Quality Assurance in Education, 2023. Accessed doi:10.1108/QAE-05-2023-0084.

Hasanah, N. … PEMBELAJARAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS …. repository.iainkudus.ac.id, 2017. Accessed http://repository.iainkudus.ac.id/1746/.

Jiyantari, D, L Hayati, M Turmuzi, and ... ‘Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa Di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum 2013 Dan …’. Journal of Classroom …, 2023. Accessed https://journals.andalos.co.id/index.php/jcar/article/view/4905.

Kartika, Dewi, and Hasbi Indra. ‘Manajemen Keuangan Keluarga Menurut Konsep Islam’. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, no. 2 (2023): 471–81.

Kolb, J. ‘Muslim Diversity, Religious Formation and Islamic Religious Education. Everyday Practical Insights into Muslim Parents’ Concepts of Religious Education in Austria’. British Journal of Religious Education 45, no. 2 (2023): 172–85. Accessed doi:10.1080/01416200.2021.1911787.

Lubis, R M. ‘The Importance of Islamic Education for The Mental Health of Youth in Using Social Media’. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2023): 88–103. Accessed doi:10.31538/nzh.v6i1.2703.

Mahfud, C. ‘Islamic Education for Disabilities: New Model for Developing Islamic Parenting in Integrated Blind Orphanage of Aisyiyah’. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 13, no. 1 (2023): 115–42. Accessed doi:10.18326/ijims.v13i1.115-142.

Malla, H A B. ‘Teachers’ Digital Literacy Ability to Improve Islamic Religion Education Learning in Islamic Boarding School’. International Journal of Educational Reform, 2023. Accessed doi:10.1177/10567879231211287.

Mulyana, R. ‘PROFESSIONAL DEVELOPMENT FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND MADRASAH TEACHER’. Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2023): 55–66. Accessed doi:10.15575/jpi.v0i0.23511.

Munawar, Abdul. ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Dompu’. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 3, no. 2 (2023). Accessed doi:10.53299/jppi.v3i2.328.

Riyadi. Modul Manajemen Pengawasan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas. Jakarta: LAN Republik Indonesia, 2019.

Safitri, A. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kesadaran Beragama Siswa Di SMP Negeri 2 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. etd.uinsyahada.ac.id, 2021. Accessed http://etd.uinsyahada.ac.id/7207/.

Santi, Graciella Nafa Safira, and Irena Yolanita Maureen. ‘EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK YAPALIS KRIAN’, n.d.

Setiadi, H, and M Muhyani. ‘Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Kesadaran Beragama Dan Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Sosial Media’. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan …, 2020. Accessed http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/6310.

Sholihuddin, M. ‘Fiqh Al-Muwāṭanah: Nahdlatul Ulama’s Interpretation About Citizenship’. Millah: Journal of Religious Studies 21, no. 1 (2021): 149–82. Accessed doi:10.20885/millah.vol21.iss1.art6.

SUKMA, F A. ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGUKUR KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA YANG BERLATAR BELAKANG NON TPQ MELALUI INSTRUMEN …. repository.iainkudus.ac.id, 2017. Accessed http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2095.

Suprapti, Wahyu. Modul Berfikir Kreatif Dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas. Jakarta: LAN Republik Indonesia, 2019.

Susilawati, Nora, Emizal Amri, Junaidi Junaidi, and Reno Fernandes. ‘Integrasi Pendidikan Al-Qur’an Dan Budaya Alam Minangkabau Dalam Setting Pembelajaran Daring’. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 2 (2020). Accessed doi:10.24036/abdi.v2i2.58.

Taryadi, Y, T Mariyanti, and I Busnetty. ‘ANALISIS KINERJA BADAN PENGELOLA KEUANGAN HAJI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MAQASHID SHARIA INDEKS’. Neraca: Jurnal Ekonomi …, 2023. Accessed http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/83.

Taufiq, M. ‘Multi-Track Diplomacy Fiqh of Nahdlatul Ulama in Countering Islamophobia in the Netherlands’. Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah 22, no. 2 (2022): 287–310. Accessed doi:10.15408/ajis.v22i2.27963.

Ulfa Rabiyah, Syarifuddin Rasyid, Aini Indrijawati. ‘Platform Media Sosial Terhadap Niat Berinvestasi’. YUME: Journal of … 4, no. 2 (2021).

Vernia, Dellia Mila. ‘Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga’. Jurnal Ilmial Pendidikan Dan Ekonomi 1, no. 2 (2017).

 



[1] M Sholihuddin, ‘Fiqh Al-Muwāṭanah: Nahdlatul Ulama’s Interpretation About Citizenship’, Millah: Journal of Religious Studies 21, no. 1 (2021): 149–82, accessed doi:10.20885/millah.vol21.iss1.art6; M Taufiq, ‘Multi-Track Diplomacy Fiqh of Nahdlatul Ulama in Countering Islamophobia in the Netherlands’, Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah 22, no. 2 (2022): 287–310, accessed doi:10.15408/ajis.v22i2.27963.

[2] Fredik Melkias Boiliu, ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0’, REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25–38; H A B Malla, ‘Teachers’ Digital Literacy Ability to Improve Islamic Religion Education Learning in Islamic Boarding School’, International Journal of Educational Reform, 2023, accessed doi:10.1177/10567879231211287; H Haddade, ‘Quality Assurance Strategies of Higher Education in Digital Era: An Anthropology of Education Study in Islamic Higher Education Institution’, Quality Assurance in Education, 2023, accessed doi:10.1108/QAE-05-2023-0084.

[3] Abdul Munawar, ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Dompu’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 3, no. 2 (2023), accessed doi:10.53299/jppi.v3i2.328; Aini Indrijawati Ulfa Rabiyah, Syarifuddin Rasyid, ‘Platform Media Sosial Terhadap Niat Berinvestasi’, YUME: Journal of … 4, no. 2 (2021).

[4] Anidi and Anlianna, ‘Permasalahan Anak Disabilitas Intelektual Dan Disabilitas Mental Di Sekolah’, Arus Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2022), accessed doi:10.57250/ajup.v2i3.134; Graciella Nafa Safira Santi and Irena Yolanita Maureen, ‘EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK YAPALIS KRIAN’, n.d.; D Jiyantari et al., ‘Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa Di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum 2013 Dan …’, Journal of Classroom …, 2023, accessed https://journals.andalos.co.id/index.php/jcar/article/view/4905.

[5] A Safitri, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kesadaran Beragama Siswa Di SMP Negeri 2 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat (etd.uinsyahada.ac.id, 2021), accessed http://etd.uinsyahada.ac.id/7207/; J Kolb, ‘Muslim Diversity, Religious Formation and Islamic Religious Education. Everyday Practical Insights into Muslim Parents’ Concepts of Religious Education in Austria’, British Journal of Religious Education 45, no. 2 (2023): 172–85, accessed doi:10.1080/01416200.2021.1911787; C Mahfud, ‘Islamic Education for Disabilities: New Model for Developing Islamic Parenting in Integrated Blind Orphanage of Aisyiyah’, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 13, no. 1 (2023): 115–42, accessed doi:10.18326/ijims.v13i1.115-142.

[6] F A SUKMA, ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGUKUR KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA YANG BERLATAR BELAKANG NON TPQ MELALUI INSTRUMEN … (repository.iainkudus.ac.id, 2017), accessed http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2095; N Hasanah, … PEMBELAJARAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS … (repository.iainkudus.ac.id, 2017), accessed http://repository.iainkudus.ac.id/1746/; Nora Susilawati et al., ‘Integrasi Pendidikan Al-Qur’an Dan Budaya Alam Minangkabau Dalam Setting Pembelajaran Daring’, Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 2 (2020), accessed doi:10.24036/abdi.v2i2.58.

[7] Riyadi, Modul Manajemen Pengawasan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (Jakarta: LAN Republik Indonesia, 2019); Wahyu Suprapti, Modul Berfikir Kreatif Dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (Jakarta: LAN Republik Indonesia, 2019); Dellia Mila Vernia, ‘Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga’, Jurnal Ilmial Pendidikan Dan Ekonomi 1, no. 2 (2017).

[8] Malla, ‘Teachers’ Digital Literacy Ability to Improve Islamic Religion Education Learning in Islamic Boarding School’; H Dzul, ‘THE EFFECT OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY MEDIATORS ON TRUST AND SELF-EFFICACY OF ISLAMIC EDUCATION TEACHERS IN MALAYSIA’, Malaysian Journal of Learning and Instruction 20, no. 1 (2023): 1–32, accessed doi:10.32890/mjli2023.20.1.1; H Badawi, ‘Learning from Japan: Advancing Education in the Arab and Islamic World through Creative Approaches’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2023): 290–305, accessed doi:10.31538/nzh.v6i2.3516.

[9] Febi Afriani and Alia Azmi, ‘Penerapan Etika Komunikasi Di Media Sosial’, Journal of Civic Education 3, no. 3 (2020), accessed doi:10.24036/jce.v3i3.372; H Setiadi and M Muhyani, ‘Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Kesadaran Beragama Dan Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Sosial Media’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan …, 2020, accessed http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/6310.

[10] Mukhammad Fatkhullah, Muhammad Alhada Fuadilah Habib, and Kanita Khoirun Nisa, ‘Identifikasi Dan Manajemen Risiko Untuk Mereduksi Kerentanan Pada Masyarakat’, Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3, no. 4 (2022): 856–67; Dewi Kartika and Hasbi Indra, ‘Manajemen Keuangan Keluarga Menurut Konsep Islam’, Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, no. 2 (2023): 471–81; Y Taryadi, T Mariyanti, and I Busnetty, ‘ANALISIS KINERJA BADAN PENGELOLA KEUANGAN HAJI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MAQASHID SHARIA INDEKS’, Neraca: Jurnal Ekonomi …, 2023, accessed http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/83.

[11] R M Lubis, ‘The Importance of Islamic Education for The Mental Health of Youth in Using Social Media’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2023): 88–103, accessed doi:10.31538/nzh.v6i1.2703; M Afiqul Adib, ‘Rahmah El Yunusiyah: Konsep Pendidikan Agama Islam Dan Relevansinya Di Abad-21’, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 21, no. 2 (2022): 99–112; R Mulyana, ‘PROFESSIONAL DEVELOPMENT FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND MADRASAH TEACHER’, Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2023): 55–66, accessed doi:10.15575/jpi.v0i0.23511.

Komentar