*) Penulis adalah mahasiswa Pasca Sarjana
Univeristas Al-Qolam Malang
Tulisan ini
merupakan tugas akhir semester pada matakuliah Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Dosen
pengampu : Dr.K.Muhammad Husni, M.Pd.I
A. Pendahuluan
Pendidikan Islam di Indonesia telah menjadi pilar penting dalam membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga kuat dalam akhlak dan spiritualitas. Nahdlatul Ulama (NU), sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, melalui Lembaga Pendidikan Ma'arif NU, berperan aktif dalam menyediakan pendidikan berkualitas yang berbasis pada nilai-nilai Islam[1]. Salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Ma'arif NU adalah Madrasah Aliyah Syamsul Huda yang beralamat di Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng, Bali.
Madrasah Aliyah Syamsul Huda memiliki komitmen yang kuat untuk mencetak generasi yang beriman, berilmu, dan berakhlakul karimah. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan strategi manajemen pendidikan yang efektif dan efisien. Strategi ini mencakup berbagai aspek mulai dari pengembangan kurikulum, pengelolaan sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi, hingga pengelolaan keuangan dan fasilitas.
Pengembangan kurikulum yang integratif merupakan salah satu fokus utama di Madrasah Aliyah Syamsul Huda. Kurikulum ini dirancang untuk menggabungkan ilmu pengetahuan umum dengan pendidikan agama, sehingga siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga memiliki pemahaman agama yang kuat. Selain itu, pengelolaan sumber daya manusia yang profesional menjadi kunci dalam mendukung proses pendidikan. Guru dan staf yang kompeten dan berdedikasi sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Di era digital ini, penggunaan teknologi informasi dalam manajemen pendidikan menjadi sangat relevan. Teknologi informasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar serta administrasi sekolah. Pengelolaan keuangan dan fasilitas yang transparan dan akuntabel juga menjadi faktor penting dalam mendukung operasional madrasah[2].
Kepemimpinan yang berbasis nilai Islam merupakan elemen penting dalam manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Syamsul Huda. Pemimpin yang visioner, inspiratif, dan kolaboratif dapat mengarahkan lembaga pendidikan ini menuju pencapaian visi dan misinya[3].
Namun, penerapan strategi-strategi ini tidaklah tanpa tantangan. Madrasah Aliyah Syamsul Huda menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan dinamika sosial budaya. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang kuat dan kerja sama antara semua pihak untuk mengatasi tantangan tersebut.
Kajian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis strategi manajemen pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Syamsul Huda, serta memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut. Dengan demikian, diharapkan madrasah ini dapat terus berkontribusi dalam membentuk generasi yang unggul dan berkarakter islami.
B. Pembahasan
1. Pengembangan
Kurikulum
Madrasah
Aliyah Syamsul Huda mengembangkan kurikulum yang mengintegrasikan ilmu
pengetahuan umum dengan ajaran Islam. Mata pelajaran seperti matematika, sains,
dan bahasa Inggris diajarkan berdampingan dengan pelajaran agama seperti fiqih,
akidah, tafsir, dan hadits. Tujuan utamanya adalah mencetak siswa yang tidak
hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki pemahaman agama yang kuat[4].
Pendekatan ini menyesuaikan materi pembelajaran dengan
konteks lokal dan kebutuhan siswa, sehingga pendidikan lebih relevan dan
aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum kontekstual juga membantu
siswa memahami penerapan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan modern.
Madrasah menekankan pentingnya pengembangan soft
skills seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama tim yang berlandaskan
nilai-nilai Islam. Hal ini dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler,
pelatihan, dan program-program kepemimpinan[5].
2. Pengelolaan
Sumber Daya Manusia
Proses rekrutmen dan seleksi di Madrasah Aliyah
Syamsul Huda dilakukan secara ketat untuk mendapatkan tenaga pendidik yang
kompeten dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai Islam. Seleksi melibatkan
tes kompetensi, wawancara, dan penilaian terhadap pemahaman keagamaan calon
guru[6].
Madrasah secara rutin menyelenggarakan program
pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru dan staf. Program ini meliputi
pelatihan pedagogik, workshop teknologi pendidikan, dan seminar keagamaan.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi tenaga pendidik[7].
Untuk meningkatkan motivasi dan retensi guru, madrasah
memberikan insentif, penghargaan, dan lingkungan kerja yang kondusif. Program
mentoring dan supervisi juga diterapkan untuk mendukung pengembangan karir
guru.
3. Penggunaan
Teknologi Informasi
Madrasah
Aliyah Syamsul Huda mengembangkan platform e-learning untuk mendukung proses
pembelajaran. Siswa dapat mengakses materi pelajaran, tugas, dan ujian secara
online. Hal ini memfasilitasi pembelajaran yang fleksibel dan interaktif[8].
Madrasah menggunakan sistem informasi manajemen untuk
mengelola data akademik, administrasi, dan keuangan secara terintegrasi. Sistem
ini membantu meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan yang
lebih baik.
Madrasah memanfaatkan media sosial dan platform
komunikasi digital untuk berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan komunitas
pendidikan. Ini meningkatkan transparansi dan partisipasi dalam berbagai
kegiatan sekolah[9].
4. Pengelolaan
Keuangan dan Fasilitas
Madrasah
Aliyah Syamsul Huda menyusun anggaran yang berbasis pada kebutuhan dan
prioritas pendidikan. Anggaran ini mencakup pengeluaran untuk pengembangan
kurikulum, pelatihan guru, teknologi pendidikan, dan perawatan fasilitas[10].
Madrasah menerapkan sistem keuangan yang transparan
dan akuntabel. Laporan keuangan disusun secara berkala dan diaudit untuk memastikan
penggunaan dana yang efisien dan tepat sasaran.
Madrasah terus berupaya meningkatkan fasilitas
pendidikan, termasuk ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan sarana
olahraga. Fasilitas yang memadai sangat penting untuk mendukung proses belajar
mengajar yang optimal.
5. Kepemimpinan
Berbasis Nilai Islam
Kepala madrasah dan pemimpin lainnya memiliki visi
jangka panjang yang jelas untuk pengembangan madrasah. Mereka menginspirasi dan
memotivasi seluruh staf untuk bekerja menuju tujuan bersama.
Pendekatan kepemimpinan yang mengedepankan pelayanan
kepada siswa, guru, dan komunitas pendidikan diterapkan. Pemimpin berperan
sebagai fasilitator yang mendukung dan memberdayakan seluruh anggota lembaga
pendidikan[11].
Madrasah Aliyah Syamsul Huda menerapkan kepemimpinan
kolaboratif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam proses
pengambilan keputusan. Ini menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan
partisipatif.
6. Implementasi
dan Tantangan
Strategi-strategi di atas diimplementasikan melalui kerjasama
antara seluruh komponen madrasah, termasuk guru, staf, siswa, dan orang tua.
Program-program pelatihan, pengembangan kurikulum, dan penggunaan teknologi
informasi dijalankan secara konsisten.
Madrasah Aliyah Syamsul Huda menghadapi berbagai tantangan,
seperti keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan dinamika
sosial budaya. Selain itu, penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan
kebutuhan pendidikan di era globalisasi memerlukan adaptasi yang cepat dan
tepat.
C. Penutup
a. Kesimpulan
Strategi manajemen
pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Syamsul Huda, di bawah naungan Lembaga
Pendidikan Ma'arif NU, menunjukkan upaya yang komprehensif dalam menciptakan
lingkungan pendidikan yang holistik dan berkarakter Islami. Kurikulum yang
menggabungkan ilmu pengetahuan umum dengan ajaran Islam berhasil mencetak siswa
yang kompeten secara akademis dan memiliki pemahaman agama yang kuat.Kurikulum
kontekstual dan pengembangan soft skills memberikan nilai tambah dalam
membekali siswa dengan keterampilan yang relevan untuk kehidupan sehari-hari
dan dunia kerja.
Proses rekrutmen dan seleksi yang ketat, serta program pelatihan dan pengembangan berkelanjutan, memastikan guru dan staf memiliki kompetensi yang tinggi dan komitmen terhadap nilai-nilai Islam. Pemberian insentif dan lingkungan kerja yang kondusif membantu dalam mempertahankan tenaga pendidik yang berkualitas.
Implementasi e-learning dan sistem informasi manajemen meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran dan administrasi. Penggunaan media sosial dan komunikasi digital meningkatkan transparansi dan partisipasi antara siswa, orang tua, dan komunitas pendidikan.
Perencanaan anggaran yang berbasis kebutuhan dan prioritas serta sistem keuangan yang akuntabel memastikan penggunaan dana yang efisien. Pengembangan fasilitas pendidikan yang memadai mendukung proses belajar mengajar yang optimal.
Kepemimpinan visioner, servan (pelayan), dan kolaboratif memastikan madrasah berjalan dengan arah yang jelas dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan.
b. Saran
Untuk meningkatkan
efektivitas strategi manajemen pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Syamsul
Huda, beberapa saran yang dapat dipertimbangkan adalah:
1. Terus mengembangkan kemampuan tenaga pendidik dalam
menggunakan teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran, termasuk
pelatihan dalam penggunaan alat dan platform digital terbaru.
2. Membangun kemitraan dengan universitas, lembaga
penelitian, dan organisasi internasional untuk memperoleh sumber daya tambahan,
pelatihan, dan program pengembangan kurikulum.
3. Mendorong inovasi dalam metode pengajaran dengan
mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif,
seperti project-based learning dan flipped classroom.
4. Memperluas program ekstrakurikuler yang berfokus pada
pengembangan soft skills dan nilai-nilai Islami, seperti klub debat, kegiatan
sosial, dan organisasi kepemimpinan siswa.
5. Melakukan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap
implementasi strategi manajemen pendidikan untuk memastikan bahwa tujuan yang
ditetapkan tercapai dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.
6. Meningkatkan keterlibatan orang tua dan komunitas
dalam proses pendidikan melalui program-program partisipatif dan komunikasi
yang lebih intensif
D. Daftar Pustaka
Adib, M Afiqul. ‘Rahmah El Yunusiyah: Konsep
Pendidikan Agama Islam Dan Relevansinya Di Abad-21’. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah
Keislaman 21, no. 2 (2022): 99–112.
Afriani, Febi, and Alia Azmi. ‘Penerapan Etika Komunikasi Di Media
Sosial’. Journal of Civic Education 3, no. 3 (2020). Accessed
doi:10.24036/jce.v3i3.372.
Anidi, and Anlianna. ‘Permasalahan Anak Disabilitas Intelektual Dan
Disabilitas Mental Di Sekolah’. Arus Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2022).
Accessed doi:10.57250/ajup.v2i3.134.
Badawi, H. ‘Learning from Japan: Advancing Education in the Arab and
Islamic World through Creative Approaches’. Nazhruna: Jurnal Pendidikan
Islam 6, no. 2 (2023): 290–305. Accessed doi:10.31538/nzh.v6i2.3516.
Boiliu, Fredik Melkias. ‘Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital
Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam
Keluarga Di Era Disrupsi 4.0’. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education
1, no. 1 (2020): 25–38.
Dzul, H. ‘THE EFFECT OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY MEDIATORS ON TRUST
AND SELF-EFFICACY OF ISLAMIC EDUCATION TEACHERS IN MALAYSIA’. Malaysian
Journal of Learning and Instruction 20, no. 1 (2023): 1–32. Accessed
doi:10.32890/mjli2023.20.1.1.
Fatkhullah, Mukhammad, Muhammad Alhada Fuadilah Habib, and Kanita Khoirun
Nisa. ‘Identifikasi Dan Manajemen Risiko Untuk Mereduksi Kerentanan Pada
Masyarakat’. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3, no. 4
(2022): 856–67.
Haddade, H. ‘Quality Assurance Strategies of Higher Education in Digital
Era: An Anthropology of Education Study in Islamic Higher Education
Institution’. Quality Assurance in Education, 2023. Accessed
doi:10.1108/QAE-05-2023-0084.
Hasanah, N. … PEMBELAJARAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SISWA
MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS ….
repository.iainkudus.ac.id, 2017. Accessed
http://repository.iainkudus.ac.id/1746/.
Jiyantari, D, L Hayati, M Turmuzi, and ... ‘Pandangan Guru Matematika
Terhadap Kurikulum Belajar Siswa Di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran
2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum 2013 Dan …’. Journal of Classroom …,
2023. Accessed https://journals.andalos.co.id/index.php/jcar/article/view/4905.
Kartika, Dewi, and Hasbi Indra. ‘Manajemen Keuangan Keluarga Menurut
Konsep Islam’. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, no. 2
(2023): 471–81.
Kolb, J. ‘Muslim Diversity, Religious Formation and Islamic Religious
Education. Everyday Practical Insights into Muslim Parents’ Concepts of
Religious Education in Austria’. British Journal of Religious Education
45, no. 2 (2023): 172–85. Accessed doi:10.1080/01416200.2021.1911787.
Lubis, R M. ‘The Importance of Islamic Education for The Mental Health of
Youth in Using Social Media’. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1
(2023): 88–103. Accessed doi:10.31538/nzh.v6i1.2703.
Mahfud, C. ‘Islamic Education for Disabilities: New Model for Developing
Islamic Parenting in Integrated Blind Orphanage of Aisyiyah’. Indonesian
Journal of Islam and Muslim Societies 13, no. 1 (2023): 115–42. Accessed
doi:10.18326/ijims.v13i1.115-142.
Malla, H A B. ‘Teachers’ Digital Literacy Ability to Improve Islamic
Religion Education Learning in Islamic Boarding School’. International
Journal of Educational Reform, 2023. Accessed doi:10.1177/10567879231211287.
Mulyana, R. ‘PROFESSIONAL DEVELOPMENT FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND
MADRASAH TEACHER’. Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2023): 55–66.
Accessed doi:10.15575/jpi.v0i0.23511.
Munawar, Abdul. ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan
Budaya Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Dompu’. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Indonesia (JPPI) 3, no. 2 (2023). Accessed
doi:10.53299/jppi.v3i2.328.
Riyadi. Modul Manajemen Pengawasan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas.
Jakarta: LAN Republik Indonesia, 2019.
Safitri, A. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk
Kesadaran Beragama Siswa Di SMP Negeri 2 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.
etd.uinsyahada.ac.id, 2021. Accessed http://etd.uinsyahada.ac.id/7207/.
Santi, Graciella Nafa Safira, and Irena Yolanita Maureen. ‘EVALUASI
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK YAPALIS KRIAN’, n.d.
Setiadi, H, and M Muhyani. ‘Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Kesadaran
Beragama Dan Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Sosial Media’. Al-Tadzkiyyah: Jurnal
Pendidikan …, 2020. Accessed
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/6310.
Sholihuddin, M. ‘Fiqh Al-Muwāṭanah: Nahdlatul Ulama’s Interpretation About
Citizenship’. Millah: Journal of Religious Studies 21, no. 1 (2021): 149–82.
Accessed doi:10.20885/millah.vol21.iss1.art6.
SUKMA, F A. ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGUKUR KEFASIHAN MEMBACA
AL-QUR’AN SISWA YANG BERLATAR BELAKANG NON TPQ MELALUI INSTRUMEN ….
repository.iainkudus.ac.id, 2017. Accessed http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2095.
Suprapti, Wahyu. Modul Berfikir Kreatif Dalam Pelayanan Pelatihan
Kepemimpinan Pengawas. Jakarta: LAN Republik Indonesia, 2019.
Susilawati, Nora, Emizal Amri, Junaidi Junaidi, and Reno Fernandes.
‘Integrasi Pendidikan Al-Qur’an Dan Budaya Alam Minangkabau Dalam Setting
Pembelajaran Daring’. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat
2, no. 2 (2020). Accessed doi:10.24036/abdi.v2i2.58.
Taryadi, Y, T Mariyanti, and I Busnetty. ‘ANALISIS KINERJA BADAN PENGELOLA
KEUANGAN HAJI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MAQASHID SHARIA INDEKS’. Neraca:
Jurnal Ekonomi …, 2023. Accessed
http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/83.
Taufiq, M. ‘Multi-Track Diplomacy Fiqh of Nahdlatul Ulama in Countering
Islamophobia in the Netherlands’. Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah 22, no. 2
(2022): 287–310. Accessed doi:10.15408/ajis.v22i2.27963.
Ulfa Rabiyah, Syarifuddin Rasyid, Aini Indrijawati. ‘Platform Media Sosial
Terhadap Niat Berinvestasi’. YUME: Journal of … 4, no. 2 (2021).
Vernia, Dellia Mila. ‘Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi
Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga’. Jurnal
Ilmial Pendidikan Dan Ekonomi 1, no. 2 (2017).
[1] M Sholihuddin, ‘Fiqh Al-Muwāṭanah: Nahdlatul Ulama’s
Interpretation About Citizenship’, Millah:
Journal of Religious Studies 21, no. 1 (2021): 149–82, accessed doi:10.20885/millah.vol21.iss1.art6;
M Taufiq, ‘Multi-Track Diplomacy Fiqh of Nahdlatul Ulama in Countering
Islamophobia in the Netherlands’, Ahkam:
Jurnal Ilmu Syariah 22, no. 2 (2022): 287–310, accessed
doi:10.15408/ajis.v22i2.27963.
[2] Fredik Melkias Boiliu, ‘Peran Pendidikan Agama Kristen
Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada
Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0’, REAL
DIDACHE: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25–38; H A B
Malla, ‘Teachers’ Digital Literacy Ability to Improve Islamic Religion
Education Learning in Islamic Boarding School’, International Journal of Educational Reform, 2023, accessed doi:10.1177/10567879231211287;
H Haddade, ‘Quality Assurance Strategies of Higher Education in Digital Era: An
Anthropology of Education Study in Islamic Higher Education Institution’, Quality Assurance in Education, 2023,
accessed doi:10.1108/QAE-05-2023-0084.
[3] Abdul Munawar, ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah
Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 2 Dompu’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia
(JPPI) 3, no. 2 (2023), accessed doi:10.53299/jppi.v3i2.328; Aini
Indrijawati Ulfa Rabiyah, Syarifuddin Rasyid, ‘Platform Media Sosial Terhadap
Niat Berinvestasi’, YUME: Journal of …
4, no. 2 (2021).
[4] Anidi and Anlianna, ‘Permasalahan Anak Disabilitas
Intelektual Dan Disabilitas Mental Di Sekolah’, Arus Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2022), accessed
doi:10.57250/ajup.v2i3.134; Graciella Nafa Safira Santi and Irena Yolanita
Maureen, ‘EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK YAPALIS KRIAN’, n.d.;
D Jiyantari et al., ‘Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa
Di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum
2013 Dan …’, Journal of Classroom …,
2023, accessed https://journals.andalos.co.id/index.php/jcar/article/view/4905.
[5] A Safitri, Metode
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kesadaran Beragama Siswa Di
SMP Negeri 2 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat (etd.uinsyahada.ac.id,
2021), accessed http://etd.uinsyahada.ac.id/7207/; J Kolb, ‘Muslim Diversity,
Religious Formation and Islamic Religious Education. Everyday Practical
Insights into Muslim Parents’ Concepts of Religious Education in Austria’, British Journal of Religious Education
45, no. 2 (2023): 172–85, accessed doi:10.1080/01416200.2021.1911787; C Mahfud,
‘Islamic Education for Disabilities: New Model for Developing Islamic Parenting
in Integrated Blind Orphanage of Aisyiyah’, Indonesian
Journal of Islam and Muslim Societies 13, no. 1 (2023): 115–42, accessed
doi:10.18326/ijims.v13i1.115-142.
[6] F A SUKMA, ANALISIS
STRATEGI GURU DALAM MENGUKUR KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA YANG BERLATAR
BELAKANG NON TPQ MELALUI INSTRUMEN … (repository.iainkudus.ac.id, 2017),
accessed http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2095; N Hasanah, … PEMBELAJARAN PENGUATAN DALAM MENINGKATKAN
KEFASIHAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS …
(repository.iainkudus.ac.id, 2017), accessed
http://repository.iainkudus.ac.id/1746/; Nora Susilawati et al., ‘Integrasi
Pendidikan Al-Qur’an Dan Budaya Alam Minangkabau Dalam Setting Pembelajaran
Daring’, Abdi: Jurnal Pengabdian Dan
Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 2 (2020), accessed
doi:10.24036/abdi.v2i2.58.
[7] Riyadi, Modul
Manajemen Pengawasan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (Jakarta: LAN Republik
Indonesia, 2019); Wahyu Suprapti, Modul
Berfikir Kreatif Dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (Jakarta:
LAN Republik Indonesia, 2019); Dellia Mila Vernia, ‘Optimalisasi Media Sosial
Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan
Perekonomian Keluarga’, Jurnal Ilmial
Pendidikan Dan Ekonomi 1, no. 2 (2017).
[8] Malla, ‘Teachers’ Digital Literacy Ability to Improve
Islamic Religion Education Learning in Islamic Boarding School’; H Dzul, ‘THE
EFFECT OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY MEDIATORS ON TRUST AND SELF-EFFICACY
OF ISLAMIC EDUCATION TEACHERS IN MALAYSIA’, Malaysian
Journal of Learning and Instruction 20, no. 1 (2023): 1–32, accessed
doi:10.32890/mjli2023.20.1.1; H Badawi, ‘Learning from Japan: Advancing
Education in the Arab and Islamic World through Creative Approaches’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no.
2 (2023): 290–305, accessed doi:10.31538/nzh.v6i2.3516.
[9] Febi Afriani and Alia Azmi, ‘Penerapan Etika
Komunikasi Di Media Sosial’, Journal of
Civic Education 3, no. 3 (2020), accessed doi:10.24036/jce.v3i3.372; H
Setiadi and M Muhyani, ‘Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Kesadaran Beragama Dan
Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Sosial Media’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan …, 2020, accessed
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/6310.
[10] Mukhammad Fatkhullah, Muhammad Alhada Fuadilah Habib,
and Kanita Khoirun Nisa, ‘Identifikasi Dan Manajemen Risiko Untuk Mereduksi
Kerentanan Pada Masyarakat’, Ekonomi,
Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3, no. 4 (2022): 856–67; Dewi
Kartika and Hasbi Indra, ‘Manajemen Keuangan Keluarga Menurut Konsep Islam’, Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam
9, no. 2 (2023): 471–81; Y Taryadi, T Mariyanti, and I Busnetty, ‘ANALISIS
KINERJA BADAN PENGELOLA KEUANGAN HAJI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MAQASHID
SHARIA INDEKS’, Neraca: Jurnal Ekonomi …,
2023, accessed http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/83.
[11] R M Lubis, ‘The Importance of Islamic Education for
The Mental Health of Youth in Using Social Media’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2023): 88–103, accessed
doi:10.31538/nzh.v6i1.2703; M Afiqul Adib, ‘Rahmah El Yunusiyah: Konsep
Pendidikan Agama Islam Dan Relevansinya Di Abad-21’, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 21, no. 2 (2022): 99–112; R
Mulyana, ‘PROFESSIONAL DEVELOPMENT FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND MADRASAH
TEACHER’, Jurnal Pendidikan Islam 9,
no. 1 (2023): 55–66, accessed doi:10.15575/jpi.v0i0.23511.


Komentar
Posting Komentar